Faraid Putar
Karya ini beranjak
dari pengalaman mengajar di kelas dimana saya pernah mengajar mata pelajaran Fiqh di MA
Negeri 1 Model Lubuklinggau. Saya perhatikan motivasi belajar siswa ketika
mempelajari materi pembagian dan ketentuan ahli waris/faraid, saya mengenali
siswa mulai gelisah dan kebingungan ketika membahas furudhul muqaddarah atau
ketentuan ahli waris yang sudah ditetapkan syariat dalam Qur’an Surat Annisa :
21. Pengetahuan siswa kurang ketika membahas pembagian harta warisan, padahal
materi ini penting dalam kehidupan sehari-hari dengan mengetahui ilmu faraid,
karena permasalahan yang banyak terjadi di masyarakat dalam memperebutkan hak
harta warisan padahal agama sudah membuat ketentuan pembagiannya. Maka saya
mencari solusinya dengan membuat buku dan alat peraga untuk mempelajari dan
mencari ketentuan ahli waris ini dengan nama buku Furudhul Muqaddarah yang dilengkapi alat peraga Faraid
Putar.
Saya gunakan alat peraga Faraid Putar ini pada mata pelajaran Fiqh di kelas XI semester
genap dengan Kompetensi Dasar ”Menjelaskan permasalahan ahli waris”. Dan memang
terlihat dalam suasana belajar lebih menyenangkan karena lebih mudah
mendapatkan ketentuan ahli waris sehingga memantapkan pengetahuan siswa setelah
belajar materi furudhul muqaddarah
Ibu Yenni Agustina sedang mengajarkan cara penggunaan Faraid Putar
Adapun penggunaan
Faraid Putar ini sangat mudah yaitu dengan cara memutar karton bagian depan sehingga tanda tunjuk tepat pada posisi
titik yang tepat sesuai keadaan ahli waris yang ditinggalkan. Maka pada lubang
‘mendapat’ akan diketahui berapa bagian yang didapat ahli waris.
Tujuan penggunaan alat peraga Faraid
Putar ini
1. Mempermudah menemukan ahli waris dan bagian-bagiannya sesuai
ketentuan dengan cara memutar lapisan kedua sesuai tanda tunjuk.
2. Belajar Ahli Waris dan Furudh Al Muqaddarah
lebih praktis menggunakan buku dengan bahasan yang sederhana dan metode tanya
jawab disertai Faraid Putar.
3. Membantu siswa meningkatkan
pemahaman melalui pengalaman dengan lambang visual dalam mengingat informasi
dan memantapkan pengetahuan siswa.
4. Membangkitkan rasa senang dan
gembira bagi siswa serta menghidupkan suasana pembelajaran.
Rencana saya,
setelah memperoleh sertifikat HAKI untuk karya Faraid Putar ini, bekerjasama
dengan penerbit El Syarif akan memperbanyak Faraid Putar ini sebanyak 3000
eksemplar agar dapat digunakan siswa MTs, MA, PTAI dan masyarakat yang
mempelajari Faraid. Harapan saya mudah-mudahan karya Faraid Putar ini dapat bermanfaat
bagi khalayak umum.
No comments:
Post a Comment