Selamat Datang di Seni MAN 1 Lubuklinggau, Selamat Menikmati Cara Hidup Sehat, Semoga Anda Betah Dan Selalu Datang Berkunjung di artman1llg, Silahkan komentari, kritik dan Sarannya, Selamat Bargabung.

Kelas Bilingual


Kelas bilingual
Untuk mencapai tujuan SBI beberapa mata pelajaran seperti Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, dan Ekonomi harus diselenggarakan dalam bahasa Inggris dalam sistem pembelajaran kelas bilingual. Menurut Dharma (2007) penyelenggaraan kelas bilingual melalui beberapa tahap; pada tahun pertama memakai bahasa pengantar bahasa Inggris sebanyak 25 persen dan 75 persen bahasa Indonesia. Pada tahun kedua bahasa pengantarnya masing-masing 50 persen untuk Inggris dan 50 persen bahasa Indonesia. Pada tahun ketiga bahasa pengantar menggunakan 75 persen bahasa Inggris dan 25 persen bahasa Indonesia.
Model kelas bilingual yang berjenjang ini, menurut Lee (2008: 85) disebut sebagai biligual transitional education karena siswa tidak langsung diajar dengan menggunakan bahasa Inggris secara penuh tetapi bertahap, porsi bahasa Inggris makin lama makin besar dan porsi bahasa siswa makin lama makin kecil. Model ini mengasumsikan pengetahuan dan ketrampilan guru dalam mengajar dengan bahasa Inggris sudah mencapai tingkat lanjut sehingga dapat menentukan proporsi bahasa Inggris dan bahasa Indonesia dalam mengajar.
Untuk dapat melaksanakan konsep kelas bilingual ini ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, antara lain: (a) Substansi pelajaran harus cocok dengan tingkat perkembangan kognitif dan kemampuan bahasa Inggris siswa, (b) sekolah harus dapat menciptakan lingkungan belajar yang kondusif untuk mendorong pemakaian bahasa yang bermakna baik tulis maupun lisan, (c) pembelajaran harus menekankan latihan pemecahan masalah dan siswa didorong untuk bekerjasama melalui tema-tema yang menarik dan menantang.
Sekolah-sekolah yang sudah atau sedang menyiapkan program kelas bilingual menghadapi masalah yang cukup serius, antara lain belum tersedianya buku ajar dalam bahasa Inggris yang cocok dengan kebutuhan sekolah, belum tersedianya silabus dalam bahasa Inggris, belum siapnya guru mengajar dengan pengantar bahasa Inggris, dan belum adanya model pembelajaran bilingual yang efektif. Di SBI, peranan guru bilingual untuk mempersiapkan siswa agar kelak dapat bersaing secara global dalam dunia kerja sangat besar. Competitive advantage para lulusan sekolah bertaraf internasional antara lain sangat bergantung kepada proses pembelajaran selama pendidikan. Keuntungan kompetitif ini akan dapat dimiliki oleh para siswa jika guru mata pelajaran mempunyai pengetahuan dan ketrampilan bahasa Inggris yang memadai baik untuk memahami bahan pelajaran, mengajarkannya, dan melakukan evaluasi. Seorang guru bilingual harus memiliki tingkat ketrampilan dua bahasa yang cukup untuk bisa mengajar kelas bilingual. Chin dan Wigglesworth, (2007:5) mengemukakan tingkat ketrampilan bilingual sebagai berikut,
At the heart of the description of bilingualism is the issue of degree of bilingualism. Simply put, degree of bilingualism refers to the levels of linguistic proficiency a bilingual must achieve in both languages to be considered a bilingual.
Seorang guru kelas bilingual harus orang yang bilingual, fasih dalam dua bahasa. Masalahnya apakah guru-guru mata pelajaran mampu menjadi seorang bilingual yang siap mengajar dengan dua bahasa, bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Berapa lama waktu yang dibutuhkan oleh seorang guru agar siap mengajar. Di samping itu tingkat ketrampilan bilingual seperti apa yang dibutuhkan atau yang harus dicapai oleh seorang guru supaya mampu mengajar kelas bilingual. Chin dan Wigglesworth (2007) membedakan dua macam ketrampilan bilingual. Pertama, balanced bilingual, yaitu orang yang dapat menguasai dua bahasa secara sempurna dalam konteks yang berbeda-beda. Dalam konteks sistem pendidikan Indonesia, kemampuan seperti ini sangat sulit untuk dikuasai. Yang kedua ialah dominant bilingual, yaitu orang yang dominan dalam salah satu bahasa. Dalam praktek, ketrampilan seperti ini tidak dapat diterapkan untuk membicarakan semua hal. Guru bahasa Inggris, misalnya, mungkin tidak mampu menerangkan masalah biologi dengan benar dalam bahasa Inggris karena bahasa yang lebih dikuasainya atau yang lebih dominan ialah bahasa Indonesia. Demikian juga halnya dengan orang asing yang menguasai bahasa Indonesia mungkin tidak mampu menerangkan masalah budaya mereka dalam bahasa Indonesia; mereka akan menggunakan bahasa Inggris karena bahasa ini yang lebih dominan.
Mengingat kondisi sumber daya guru SBI saat ini, sangat sulit rasanya untuk mencapai tingkat kemampuan bilingual tertentu agar dapat mengajar kelas bilingual seperti yang diharapkan. Banyak hasil penelitian pemerolehan bahasa menunjukkan bahwa secara umum penguasaan bahasa asing (Inggris) akan bisa maksimal jika dimulai sejak kecil, terutama dalam penguasaan ucapan. Orang dewasa, termasuk guru-guru di SBI yang harus belajar bahasa Inggris lagi melalui kursus atau pelatihan, akan sangat terpengaruh oleh sikap, motivasi, bakat, umur, dll, dan faktor-faktor tersebut akan secara signifikan dapat mempengaruhi hasil belajar.

70 comments:

Unknown said...

assallamualaikum,,,,

mendengar kelas bilingual , saya merasa merinding * lebay deh,,,:)

menurut pendapat saya,kelas bilingual mempunyai guru-guru yang hebat:D *seperti di MAN 1 :) , kelas bilingual juga mempunyai,siswa yg benar-benar berhak di sekolah billingual tersebut,dan mempunyai sarana prasarana yang lengkap, seperti AC, LCD , cctv , jaringan internet ,mempunyai wastafel, kelas tidak bocor,wc yang bersih dan sebanding dengan masyarakat yang berada di sekolah bilingual dll. :D
dan dalam penyampaian pelajarannya lbih cendrung ke praktik supaya lebih cepat memahaminya.
kalaulah semua sudah mencukupi maka
Prestise sekolah naik yang dapat menjadi sarana promosi bagi sekolah untuk meningkatkan input siswa ditahun ajaran baru baik dari segi kualitas maupun kwantitas.
Siswa mendapatkan pengajaran dengan kualitas tinggi dan modern sehingga siswa memiliki kebanggaan dan kepercayaan diri yang tinggi.
kelas bilingual atau sekolah bilingual juga bekerjasama dengan sekolah negeri maupun swasta diseluruh wilayah baik berstandard nasional maupun internasional.



ini lh pendapat saya lebih kurangny mohon maaf,,:D

wss :)

diriku engga said...

hemm,,,
seiring dengan perjalanan sekolah man1 model llg,,,yang semakin lama man 1 semakin menunjukan kualitas sesungguhnya , tidak hanya sekolah nya saja yang berkualitas tetapi semua itu juga didukung dengan seberapa kulaitas siswanya ,keterkaitan keduanya dibutuhkan keseimbangan
saya juga setuju dengan pendapat yang diutarakan saudari khazanah

Muhammad Umar said...
This comment has been removed by the author.
olaaaaaa said...
This comment has been removed by the author.
olaaaaaa said...
This comment has been removed by the author.
zoraaaa said...

Saya sangat setuju dengan program ini, agar man1 model llg dapat mencapai taraf SBI. Tidak hanya itu saya sangat yakin program ini akan berhasil dan sekolah kita pun pasti akan dijanjikan dengan siswa yang berkualitas.
Namun menurut saya kalau bisa sebelumnya sarana yang mendukung untuk program ini diperbaiki dulu, dimulai dari kelas yang digunakan contohnya, sarana yang ada didalamnya dibuat lebih khusus jadi jika dilihat dengan kelas biasa akan ada bedanya hehe:)

Unknown said...

saya setuju dengan program bilingual ini..
karena dengan adanya program-program baru di MAN 1 ini, man 1 bisa menjadi sekolah yg bertaraf internasional.
dan juga tidak hanya kelas bilingual saja, tetapi saran yang lain juga harus di perbaiki terlebih dahulu. hehe

Unknown said...

makasih2 yg sudah stuju sm sya :D

Nigita Rena Fima said...

pendapat saya kelas bilingual bagus , dan saya harapkan guru gurunya juga mengerti dengan fasilitas kelas bilingual..dan kelas bilingual bermanfaat untuk yang mengikuti kelas bilingual.. terima kasih

Ledy Diana Lestari said...

menurut saya ,program kelas bilingual sangat bagus. kelas bilingual akan banyak peminatnya untuk tahun ajaran baru bagi para calon-calon murid MAN1 model LLG ini .program ini akan mampu menunjang mutu serta kualitas dari siswa siswi MAN1 MODEL LLG yang mampu berbahasa Inggris dan Arab. serta akan berguna bagi masa depan siswa siswi nya.bukan hanya utuk para muridnya, tetapi guru guru pun akan merasakan manfaatnya.namun, dengan adanya kelas bilingual ini di harapkan sarana dan prasarana di MAN1 lebih di perbaiki dari sebelum sebelumnya.
dan kalau bisa semua anak MAN1 model llg merasakan kelas bilingual,, hheheh... :)

Eva Novianti said...

Saya juga setuju :)
Tapi sebelum itu sarana-sarana yang ada di.MA NEGERI 1 (MODEL) LLG harus diperbaiki dan di lengkapi dulu.
Karena ,jika itu sudah tidak memadai ,kelas bilingual pun terasa biasa-biasa saja.
Tapi jika sarana nya pun mendukung ,pasti semua nya akan terasa lebih WAH:)

Unknown said...

saya juga setuju dengan adanya kelas bilingual siswa siswa bisa mengetahui banyak tentang bahasa inggris atau bahasa arab..
semoga saja sarana sarana di MAN 1 model untuk mewujudkan kelas bilingual bisa terwujud..
dan diharapkan para dewan guru juga mengetahui apa maksud dan tujuan didirikan nya kelas bilingual..
semoga saja MAN 1 bisa menjadi sekolah yang baik , tidak hany mengerti tentang pelajarn agamanya saja tetapi juga mengerti plajaran umumnya juga...

semoga Allah mempermudah niat Kepala Sekolah kita untuk bisa diadakannya kelas bilingual.. aamiin:)

blog yang terbuang said...
This comment has been removed by the author.
Muhammad Umar said...

saya juga sangat setuju dengan program yang namanya "KELAS BILINGUAL"..
karena program ini akan meningkatkan kualitas para siswa..
saya yakin, siswa manapun yang bila ditanya "apakah mau masuk kelas Bilingual..?" jawabannya pasti "mau"..
kalo asa yang gak mau..
saya rasa dia bukan anak/remaja Indonesia..
karena bagi saya anak/remaja Indonesia adalah mereka yang menyukai tantangan..
tentu saja tantangan yan sifatnya Positif..

Unknown said...

Lakukan yang terbaik demi kemajuan MAN 1, orang yang berpikir maju dan ingin maju pasti suka dengan tantangan, Bilingual adlh tantangan untuk kita serta para guru.

tapi ingatlah! jangan tinggalkan bahasa kesatuan kita, jangan hanya pintar dkm bhs arab dan inggris namun bahasa Indonesia masih blepotan alias gagap. Ingatlah kata - kata bijak ini bahwa "bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai bahasanya".

MAN 1 bisa!
bisa dalam bidang agama
bisa dalam bidang pengetahuan umum
bisa dalam sains
bisa dalam teknologi
bisa mengusai perkembangan zaman
Ubah pola pikir masyarakat awam bahwa lulusan MAN hanya bisa mimpin yasin..

SEPTIA PUTRI AROFI

Lesi said...

saya sangat setuju dengan danya bilingual. tetapiu, tak lupa pula untuk melihat keadaan sekolah,,,

citra lilis said...

Assalamualaikum wr.wb.

citra sangat setuju dengan danya program Billingual ini, selain bersifat positif, program ini menjadi bekal bagi siswa-siswa MAN 1 (MODEL) untuk bersaing di dunia luar dan di masa depan,berwawasan bahasa yang luas, serta meningkatkan kualitas siswa dalam berbahasa asing.
MAN 1....
selangkah lebih maju.
wassalamualaikum wr.wb.

Unknown said...

nenny xI.ipa.1

assalamu'alaikum


sip3 menurut ana program billingual merupakan program yang bagus untuk siswa, dmn selain berguna bagi siswa it sendiri, program it juga bisa membawa harum nama MAN 1 (MODEL) LUBUKLINGGAU,, :)

apalagi guru2 kita yang memiliki kreatifitas dan kualitas yang tinggi it sangat menunjang untuk program itu terus berjalan.

semoga dengan program2 yang telah diadakan saat ini MAN 1 dapat meraih menjd RSBI :)

I Agree with your all :)

Khanna Hadirama said...

khanna
saya sangat setuju dengan kelas bilingual,tetapi para siswa dan guru harus siap dengan adanya kelas bilingual yang akan diprogram kan di MAN 1 (Model)llg , yg akan menjadikan sekolah kita lebih maju,amiin. Tetapi alangkah lebih baiknya jika fasilitas dan kenyamanan kelas di perbaiki terlebih dahulu agar lebih nyaman dalam proses ngajar mengajar :)

Unknown said...

destii
saya senang dengan program bilingual karena itu akan menjadikan sekolah kita menjadi sekolah yang bermutu. Tetapi desti berharap jika ada kelas bilingual nanti guru tidak membeda-bedakan siswa yang mendpt kelas bilingual dg yang tidak dapat. tapi sekolah jangan hanya fokus kepada bilingual, karna kenyamanan kelas harus juga diperbaiki :D
...............

Unknown said...

saya setuju dg program tsb :)
krna hal tsb brsfat positif dan langkah menuju suatu perubahan yg baik.. Trutama bgi Man 1 .. Dengan bgitu siswa/i Man 1 dpt mengembangkan kmampuan dlam bidang bahasa..
Jadi, bkan hanya pelajaran saja yg dpt di kuasai tapi juga dlm hal bhasa.. Krna bhasa sngat pnting trutama bhasa inggris..:-)
dan semoga program ini dpt brjalan dg baik dan menjadi contoh untk sekolah lain..
Man 1 (model) llg ..
Maju ! :-)
amin .. :-D

novalya aja dech said...

menurut saya bagus jika akan di tambah kelas bilingual,karna akan membuat siswa-siswi nya bertambah cerdas.
namun,selain itu harus di lengkapi dengan fasilitas yang memadai agar siswa-siswi nya dapt berfikir secara luas dan mendapatkN peluang untuk berkarya di bidang apa saja .
:)

Unknown said...

karna yang lain sudah bilang bagus, saya pun setuju
hanya saja setelah fasilitas yang bagus, media pengajaran yang bagus, guru-guru yang berkompeten . yang harus dijaga tingkah laku
pintar berbahasa.

yang dipirkan adalah jangan lupakan jati diri kita. saya setuju dengan pendapat septia. kalau kita mati-matian belajar bahasa asing bahasa indonesia jangan dilupakan

Unknown said...

Assalammualaikum wr.wb

menurut saya,mengadakan kelas bilingual itu bagus dan dapat memotifasi murid-murid agar dapat berbahasa asing dengan pasi,dan dapat membuktikan bahwa guru-guru , biasa,tetapi,program tersebut,bukan hanya diadakan untuk kelas 1,kalau bisa untuk kelas 2nya juga,dan program tersebut sangat baik dilaksankan,

mungkin hanya itu pendapat yg dpt saya sampaikan....,
terima kasih :)

wss......

Unknown said...

menurut saya,kelas bilingual itu bagus dan hebat,dan mempunyai guru2 yg hebat,kalu guru nya lagi menjelasi kita muda mengrti dan muda memaahami,dlam proses belajar mengajar lbih efektif. saya setuju, karena dengan bilingual dapat memajukan kwalitas murid man 1. bahasa asing itu sanagat di butuh kan untuk mnuju kemajuan yang ingin kita capai kan.......
yesi okta a
:)

Unknown said...

assalamualaikum, wr.wb

menurut pendapat saya kelas bilingual itu sangat menarik,apa lagi,jika di lengkapi dengan media yang lengkap juga,,
kelas bilingual itu dapat menjadikan siswa dan siswi menjadi lebih baik dan lebih berkualitas.
jika di suatu sekolah tlah mengadakan kelas bilingual,,,
pasti nya sekolah itu juga mempunyai guru2 yang berkualitas juga,,
dan saya harap kelas bilingual ni dapat di laksanakan dengan baik dean tercapai,,,
amin,,,, :)

mungkin hanya ini pendapat saya
thanks

wass,,,, :)

Lesi said...

disamping kita bisa berbahasa indonesia kita juga bisa berbahasa inggris dan arab serta kita sudsah memiliki modal untuk era globalisasi seperti zaman sekarang ,akan tetapi perbaiki fasilitas dan kualitas yang baik agar siswanya lebih nyaman untuk belajar dan berkreativitass

dan apabila komentar saya salah saya mohon maaf ,karena komentar saya ini hanya semat-mata hnya untuk nmembangun nama baik MAN1 LLG,bukan untuk menjatuhkan nama sekolah sendiri

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...
This comment has been removed by the author.
ria fortuna islamiah said...

assalamu'alaikum wr wb.

saya setuju dengan program kelas bilingual yang akan diadakan , karna hal itu akan membuat para siswa menjadi lebih mandiri dan aktif dalam belajar, juga tentunya dapat membuat para siswa mahir dalam berbahasa asing , yang merupakan modal positif bagi siswa untuk mencari peluang kerja di masa depan. karna orang yang mampu berbahasa asing sangat di butuhkan untuk era globalisasi saat ini.
Dengan begitu siswa juga akan lebih bangga atau percaya diri dengan kemampuan yang telah dia miliki, tentu nya selain dapat membanggakan dirinya sendiri, juga dapat membanggakan kedua orang tua nya. Dan tentunya lagi akan membuat dia dapat bersosialisasi dengan baik di lingkungan nya.

wassalamu'alaikum wr wb.

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

ASSALAMU'ALAIKUM Wr.Wb..
dengan adanya KELAS BILINGUAL menurut saya sangat"istimewa"..

hehehe::D
kenapa begitu???
karena selain mendapatkan ilmu pengetahuan tentang bahasa asing,juga menjadikan siswa siswi MAN 1 MODEL Lubuklinggau sebagai siswa yang baik,rajin,juga berkualitas tentunya.
Harapan saya,agar memilih guru-guru yang berkompeten untuk mengajar dalam kelas bilingual,
ARTINYA TIDAK SEMBARANG GURU YANG MENGAJAR DISANA.

hanya ini.
MAkasih..
Wss...

Anonymous said...

assallamualaikum , , ,

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

asslamualaikum....
menurut saya kelas bilingual merupakan program yang sangat baik, untuk mencapai proses pembelajaran di zaman yang modern ini?

wasslamualaikum

Unknown said...

assalamualaikum ....
menurut saya guru kreatif itu sangat berpengaruh besar terhadap perkembangan siswa nya karena guru yang kreatif dapat memacu semangat siswa nya sehingga tercipta lah siswa -siswa yang berkualitas.
guru kreatif juga bisa menjadi inspirator bagi para siswa-siswanya untuk menjadi lebih baik lagi di kemudian hari...

mungkinini lah pendapat saya,semoga bermanfaat...:)

wassalamualiakum wr wb....

Unknown said...

Assalamualaikum Wr Wb....

saya sangat setuju dengan program ini...
karena menurut saya program tersebut akan membuat MAN 1 LLG menjadi bertaraf internasional..
serta akan meningkatkan prestasi para siswanya..

akan tetapi..
harus diperbaiki terlebih dahulu sarana dan prasarana sekolah agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal..


Wassalamualaikum Wr .

Unknown said...

assalamualaikum...
annyeonghaseyo..
jae ireumen mayaimida...

<3 <3 <3
sangat mengesankan...
tapi saya pusing..
soalnya aku ngak bisa bahasa arab..
jadi denger kelas bilingual jadi gimana gitu..
tapi saya berharap anak2 MAN 1 bisa bilingual..
jadi nanti bisa jadi kebanggaan di kota lubuklinggau..
good luck MAN 1..
dengan bilingual nya...


wassalam..

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

menurut saya, kelas bilingual itu bagus. tetapi sarana dan prasarana yang menunjang kegiatan bilingual harus diperbarui dan diperbaiki. saya berharap MAN 1 menjadi sekolah setaraf dengan MAN 3 Malang.....
Amiiin....

Unknown said...

yongseo,
rencana yang sangat bagus tuh,,
semoga saja cita2 menjadikan sekolah yang RSBI(rumah berstandar internasional) terwujudkan
cayo,hamasah'.
samsamidah

Unknown said...

nama: Ema Seswani
kls :xI IPA 2
assalamualaikum wr wb
saya sangat setuju dengan bilingual itu, karena dengan adanya program itu maka siswa man 1 akan lebih berkualitas dalam bidang pendidikan.

eMHZ... sISWA man 1 jdi semangat dlam belajar dan guru" di sekolahpun akan semngat mengajar jika siswa man 1 semangat belajarnya maka dalam penyampaian pelajaran akan lebih abdol ke praktik dan di beri contoh supaya mudah di pahami ,prestasi siswa akan lebih maju ditahun ajaran baru baik kwalitas maupun kwantitas .
lalu siswa nya akan mendapatkan pengajaran dengan kwantitas bagus dan modrn sehingga siswa memiliki kedisplinan dan kebanggaagn untuk ,dan tingkatkan kebersihan kelas di sekolah kita


ok....ini pendapat saya kurang nya saya minta maaf lebih nya datang dari allah swt ,hehehehehe

wssalamualaikum wr wb

Unknown said...

Nama: siti Lestari
kelas: x1. ipa2

asalamualaikum.wr.wb

saya juga setuju dengan diadakan kelas bilingual karena banyak siswa yang harus rajin lagi belajar untuk bisa maju ke kelas yang bagus dan nyaman buat belajar di kelas bilingual.....tapi alangkah baiknya jikalau kepala sekolah juga memperhatikan kelas x1 untuk mengikuti kelas bilingual jadi kelas x1 tidak iri sama kelas x....

sekian dari saya semoga saran saya dapat di terima
wasalamualaikum wr.wb

Unknown said...

Eva Marsela

Ass wr wb . . .

Ya Saya sangat Setuju dengan program Bilingual ini , karena dengan program ini bisa membantu siswa-siswi lebih maju lagi.
Saya harap program bilingual ini bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Saya juga berharap , setiap tahun program bilingual ini dapat di terapkan (tidak hanya 1 tahun saja) dan berkembang lebih baik lagi.Dan para guru-guru juga bisa menerapkan program bilingual ini dalam kehidupan sehari-hari.

Hidup Kelas Bilingual.

Isnainiatun Muti'ah said...

saya setuju dengan program ini..
karena dengan diterapkannya program kelas billingual ini akan sangat membantu bagi para siswa untuk meningkatkan kualitasnya.

saya harap MAN 1 Llg dengan segera dapat melaksanakan niat baik tersebut.

Unknown said...

ass..
sama seperti yang lainnya..
saya tentu saja juga sangat setuju dengan program ini...
akan sangat banyak manfaatnya bila program ini segera dilaksanakan..

semoga cepat terlaksana..

M Redo Dwiantara said...

I strongly agree with this billingual learning program,,,
because then, the international language of this will be immediately practiced in their daily lives,
in this globalization era people will use the international language as language of its own.
so from now on we the younger generation should have started it in order to study the international language of our country not to miss the future with other countries. one effective way of learning is to program this billingual

Unknown said...

Ass wr wb . . .

Saya sangat , sangat , sangat setuju dengan system tesebut karena dapat mengaktifkan Kreativitas dan minat siswa dalam belajar serta membuat para guru untuk lebih menguasai materi yang akan diajarakan ke pada siswa nya.
Tetapi untuk mengadakan system bilingual ini butuh kerja sama yang baik antara guru dan siswa serta kepala sekolah.
Siswa yang menjadi peran utama dalam system ini , jadi jika siswa nya mampu menikuti system ini denagn baik maka insyallah system ini akan berjalan dengan baik dan akan terus berkembang dari tahun ke tahun . AMIN

Unknown said...

Jeck fery anatoli ; XI IPA 1

saya sangat setuju serta senang dengan ingin di adakanya kelas bilingual tersebut , pasti seluruh warga MAN 1 MODEL LUBUKLINGGAU sependapat dengan saya , kecuali siswa-siswa yang tidak niat dalam belajar dan takut bersaing dan jelasnya TIDAK MAU MAJU.
Menurut saya kelas bilingual merupakan satu terobosan yang inovatif dari bapak kepala sekolah , dengan kelas bilingual , bukan nama sekolah saja yang menjadi bagus tapi membuat siswa-siswa nya lebih niat dalam belajar dan mengembangkan krativitas dalam berbahasa .
Kelas bilingual merupakan bekal bagi siswa-siswa yang mengikutinya,untuk bersaing di era globalisasi ini. Kelas bilingual juga akan berdampak positif dalam kehidupan sehari – hari bagi siswa yang dapat menerapkan program bilingual tersebut.
Saya harap seluruh Insan yang terlibat dalam kelas bilingual tersebut dapat menerapkan program bilingual di kehidupan sehari-hari.

Bravo Kelas Bilingual.

Unknown said...

Aslmkm.
Di era globalisasi saat ini, dan psatny prkmbngn sains dan teknologi yg di kuasai oleh bangsa erfa. Dmn hsl kry cipt mrk biasa ny di tls dlm bs inggris. Mk sy stj dgn adany pmbljrn bilingual krn dlm pmbljrn 75% bhs inggrs + 25% bhs indo. Sbb langkh inilah yg dpt mmbrkn peluang bsr bg sisw dan gru mampu brbhs inggrs scr almi baik dlm pnlsn dan pengcpnny, dan mampu mngrahkn ssw utk dpt mmpljri sains dan teknlg yg di gunkn untk kbaikn. Krn mnrt pndngn islm sarana prasaran dr asing ble diambl dan di pljri dgn syart tdk brtntangn dgn hkn islm. Jd mtode pmbljrn bilingual, sains dan teknlg jg ble dipljr dan di ambl oleh kaum muslm untk hal yg bik,
smg MAN 1 bs mnrpkn pmbljrn bilinggual yg brbsis islm, maksdny bhs arb yg hrs lbh di nmr 1 krn MAN 1 mrpkn sklh yg brtr blkng islm.
Dan dpt meningkt kan kualitas dan kuantitas baik dri si2 siswa maupn gru.
Wslmkm.

Unknown said...

Assalamu'alaikum..

Sama seperti dengan teman yang lainny, saya sangat setuju dengan Bu Yeni karena membuat ide-ide yang sangat kreatif.

Dengan adany program bilingual yang dicetuskan oleh Pak Himarwan, maka saya sangat setuju. Karena program tersebut juga sangat membantu kita untuk kedepanny nanti dalam hal pekerjaan khususny.

Buat adik-adik kelas jangan patah semangat. Karena perjuangan kalian juga masih panjang dan akan ada program buat IPA n IPS khusus program bilingual.

Dan, buat kelas XI yang akan Naik ke kelas XII. JANGAN KALAH dengan adik-adik juga ya...
pokoknya HAMASAH....
HAMASAH...
HAMASAH...

Dan buat program ini jalan terus n jangan pernah berhenti...

MANSADEL is the best lah....

Unknown said...

Nama: Ririn khoriyawati
kelas: x1 ipa.2

assalamualaikum..........


menutut pendapat saya, saya setuju dalam di adakan kelas bilingual tersebut dimana dalam kelas bilingual terdapat 2 bahasa yaitu bahasa arab,bahasa inggris.tetapi sebaiknya sebelum di adakan kelas bilingual sarana dan prasarana di lengkapi terlebih dahulu seperti,power poin di setiap kelas,jangan hanya di kelas x saja tetapi kelas x1 juga.
dan program tersebut sebaiknya wajib bagi seluruh siswa agar tidak terjadi kecemburuan sosial bagi siswa yang lain.


wassalamualaikum........

Unknown said...

NAMA;VERA NURISA
KELAS;X1 IPA2

assalamualaikum.wr.wb
saya setuju dengan pendapat ibu yenni,dengan ada nya program bilingual siswa dapat belajar dengan nyaman dan guru juga dapat menjelaskan dengan mudah .program bilingual sebenarnya sangat penting bagi siswa apa lagi pada saat menjelaskan siawa dapat membaca materi sambil melihat gambar yang di maksud oleh materi tersebut
sebenarnya kami kelas x1 sangat menginginkan kelas bilingual tersebut tetapi kami kelas x1 juga dapat memahami keadaan dan fasilitas sekolah d MAN 1 LLG ini.
kami harap kepala sekalah juga memperhatikan anak kelas x1...
semoga saran saya dapat di terimah dan saya mohon maaf bila terdapat kesalahan dalam perkataan
wassalamualaikum.wr.wb

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

Kurniawan

Menurut saya program bilingual merupakan program yang sangat bagus untuk mengiringi kemajuan zaman ,yang sangat pesat pada saat sekarang ini . Oleh karena itu saya sangat setuju dengan adanya program bilingual di MAN 1 MODEL LLG , yang mana belum ada sekolah lain yang berani membuat program seperti itu di kota lubuklinggau. Dan yang lebih penting bahasa inggris dan bahasa arab merupakan bahasa yang resmi digunakan untuk kalangan intertnasional.
program tesebut dapat mengaktifkan Kreativitas dan minat siswa dalam belajar serta membuat para guru untuk lebih menguasai materi yang akan diajarakan ke pada siswa nya.
Tetapi untuk mengadakan system bilingual ini butuh kerja sama yang baik antara guru dan siswa serta kepala sekolah.
Siswa yang menjadi peran utama dalam program ini , jadi jika siswa nya mampu mengikuti program ini dengan baik maka insyallah program ini akan berjalan dengan baik dan akan terus berkembang dari tahun ke tahun . amin. . . . . . .

Unknown said...

assalamu'alaikum.wr.wb :)

menurutt pendapat saya ,,
saya sangat setuju dengan adanya kelas bilingual ini di MAN 1 llg ,,
maka siswa sisiwi di sekolah kita akan lebih mempunyai modal dalam berbahasa asing seperti bahasa inggris dan arab :)

mempunyai modal di era globalisasi seperti sekarang ini ,,
semoga di tahun ajaran baru yang akan datang adanya juga program yang lebih berkualitas lagi di kedepannya.

akan tetapi fasilitasnya diperbaiki lagi , agar siswa siswi nya nyaman dalam belajar :)

semoga apa yang saya komentarkan ini dapat bermanfaat untuk kedepannya. :)
amin ..

wassalammu'alaikum.wr.wb

Unknown said...

assalamu'alaikum.wr.wb :)

menurutt pendapat saya ,,
saya sangat setuju dengan adanya kelas bilingual ini di MAN 1 llg ,,
maka siswa sisiwi di sekolah kita akan lebih mempunyai modal dalam berbahasa asing seperti bahasa inggris dan arab :)

mempunyai modal di era globalisasi seperti sekarang ini ,,
semoga di tahun ajaran baru yang akan datang adanya juga program yang lebih berkualitas lagi di kedepannya.

akan tetapi fasilitasnya diperbaiki lagi , agar siswa siswi nya nyaman dalam belajar :)

semoga apa yang saya komentarkan ini dapat bermanfaat untuk kedepannya. :)
amin ..
by. Sri lestari XI IPA 1,,
wassalammu'alaikum.wr.wb

Unknown said...

Saya sangat setuju sekali dengan program bilingual ini,karena dgn program ini sekolah dapat menciptakan siswa/I yang berkualitas.selain itu, program bilingual juga dapat membuat siswa mengenal berbagai macam bahasa seperi b.inggris dan b.arab.semoga di tahun ajaran baru nanti sekolah dapat menyediakan enam kelas bilingual..yang terbagi atas 2 kelas untuk masing-masing kelas 10,11,12,, ,,semoga keinginan kami dapat tercapai amin…was,
Indah dian permata

miftahul jannah said...

saya juga sangat setuju dengan kelas bilingual. . karna dengan progranm ini maka siswa akan lebih maju dan tidak ketinggalan oleh kemajuan jaman yang saat ini sudah semakin maju .. siswa juga dapat lebih memahami bahasa asing.. dan bisa lebih lancar untuk berkominikasi menggunakan bahasa asing...
tp .. ada baik juga jika kelas bilingual itu juga diada kan untuk seluruh kelas,bukan cuman hanya kelas yang telah di programkan saja ..

miftahul jannah
XI.IPA2

meii diana yustika said...

kelas bilingual memang sangat cocok untuk program sekolah jaman sekarang...
mengapa ?

karena kelas bilingual dituntut untuk lebih maju dan kreatif...
setiap harinya siswa2 harus menggunakan bahasa inggris dan bahasa arab...
kedua bahasa ini sangat dibutuhkan untuk kedepannya..
karena jaman ini semakin maju ....

dikelas bilinggual ini juga terdapat sarana dan prasarana yang memadai yang dapat menunjang proses belajar mengajar disekolah....

100 buat kelas bilingual...

Unknown said...

menurut saya program ini sangat bagus.
tahun depan bisa lebih di tingkatkan lagi, kalau bisa semua kelas. agar siswa dan siswi man 1 (model) llg lebih mudah lagi bersaing di era globalisasi sekarang ini. karena telah terbiasa menggunakan bahasa internasional yaitu bahasa inggris. begitu saja menurut saya.

Unknown said...

assalamualaikum, wr.wb

saya sangat mendukung program ini, karena dengan adanya program ini siswa dan siswi man 1 akan lebih giat lagi mempelajari bahasa" internasional. dan dengan ada nya program ini meningkatkan mutu siswa dan siswi man 1 sendiri. dan semoga tahun depan ada program" lain dan sarana prasarana juga lebih dilengkapi.

wassalamualaikum, wr.wb

Unknown said...

assalamu'alaikum..

Kelas Bilingual..
suatu inovasi yang bagus..
tapi saya lebih tertarik bila kedua bahasa yang digunakan adalah bahasa Jepang/Perancis, karena menurut saya akan lebih bagus dan lebih terkesan "WAW" Amazing..!
jadi intinya menurut saya akan lebih baik bilingual yang digunakan adalah Bahasa Jepang/Perancis..
Trim's..

Wassalamu'alaikum..

Unknown said...

kelas bilingual bagi saya sangat memotivasi anak man 1. terutama kelas x. saya sangat mendukung adanya program kelas bilingual yang akan di adakan di man 1 ini.. dan saya berharap semoga apa yang telah diprogram kan bisa terwujud sesuai keinginan kita semua terutama KEPSEK MAN 1 (MODEL) LUBUKLINGGAU

Unknown said...

asssalamkm wr wb..
kelas bilingual itu sangat bermanfaat bagi siswa yang mengikuti dan program ini sangat berkualitas karena program ini bukan program sembarangan akan tetapi program ini akan di seleksi secara lebih ketat dan memilih yang terbaik dari yang baik.. semoga program dapat berjalan dengan lancar dan terus berkembang untuk MAN 1 (MODEL) LLG ini..
mungkin hanya itu pendapat saya semoga bermanfaat bagi kita semuaa..

wassalamualaikum wr wb

Unknown said...

assalammu'alaikum ,,
semoga kelas billingual berjalan dengan sempurnah sesuai dengan keinginan kita semua ... serta bisa menjadikan motifasi bagi siswa yang lain

Stenika Dora Iriani A said...

assalamualaikum.wr.wb
kelas billingual adalah salah satu program kepala sekolh kita , memang biayanya tidak sedikit tapi manfaat dari kelas da metode belajarnya itu yang tak terhitung nilainya. walau dengan begitu program ini sangatlah baik dan sangat berguna , semoga bisa menjadi contoh kalau sekolah kita yang terbaik .
terima kasih
wassalamualaikum.wr.wb

m.syarifudin said...

i love BL(bilingual)class.
kami dukung 100%,programnya.

Unknown said...

bilingual " not just a dream "

Unknown said...

semoga dengan adanya bilngual ini, sekolah kita menjadi lebih baik lagi
khususnya para siswa untuk mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari terutama di kelas