Selamat Datang di Seni MAN 1 Lubuklinggau, Selamat Menikmati Cara Hidup Sehat, Semoga Anda Betah Dan Selalu Datang Berkunjung di artman1llg, Silahkan komentari, kritik dan Sarannya, Selamat Bargabung.

Guru Prestasi

Hadiah UMROH Guru Kreatif 2010, bermanfaat, berkesan, dan bernilai ibadah
Yenni Agustina, S.Ag. Guru Kreatif MA dari Sumatera Selatan



        GURU Al Qur'an Hadits MA Negeri 1 (MODEL) Lubuklingga, SUM-SEL,Yenni Agustina, SAg memperkenalkan media baru dalam pengajaran agama. Berkat kreativitas guru yang pernah mewakili SUM SEL meraih juara pertama lomba media guru MA dalam Kompetisi dan Ekspo Madrasah tahun 2009 dan meraih juara 1 pemilihan guru kreatif Tk Nasional tahun 2010 Atas prestasinya itu dia mendapat hadiah dari Kemenag RI berupa uang tunai Rp 10 juta, setifikat dari MENAG, H. Surya Dharma Ali. Dan berangkat umrah bersama pemenang guru, kepala sekolah kreatif selama 9 hari belum lama ini. Media yag dibuat dari ide yang sederhana berupa Tajwid Putar (2009) dan diedarkan secara nasional, dan Faraid Putar (2010) telah diikutkan dalam lomba guru kreatif. Menarik untuk dikembangkan dan digunakan pada madrasah dan pondok pesantren serta kalangan umum yang mempelajari faraid dengan media faraid putar, berbasis cetakan.
Saat ditemui kemarin dia menuturkan, media baru yang dia perkenalkan itu berupa media berbasis komputer. Yaitu menggunakan program power point, dan ternyata media ini banyak diminati oleh guru-guru, sehingga ia bersedia berbagi ilmunya pada work shop di SDIT UMMI Lubuklinggau beberapa hari lalu yang dikoordinir oleh ketua KKG. Sambil mengasah ilmunya ia juga bisa berbagi ilmu walaupun dimulai dari yang sederhana tapi cukup membuat rekan guru puas apalagi diikutkan metode baru dalam menghafal kosa kata bahasa Arab dengan lagu, sehingga menciptakan situasi, ruang dan kondisi dalam pembelajaran aktif, inovatif, kreatif dan menyenangkan. Tentu saja hal itu menuntut kreativitas daya imajinasi guru untuk membuat media dan metode yang baik.
Alasan menciptakan media seperti itu, kata Yenni Agustina, dilatar belakangi dari kesulitan yang dihadapi siswaya ketika belajar faraid tentang pembagian ahli waris yang dirasa siswa rumit dan saling berkaitan. Kemudian ia mencari ide agar hal yang rumit itu bisa disederhanakan dengan media yang mudah dipahami maka dengan adanya media faraid putar antusias dan motivasi siswa mulai muncul dan menurut dia, gurupun lebih mudah menggunakan dan memahamkan siswa terutama materi faraid tentang pembagian ahli waris. Kondisi yang diciptakan membawa pengaruh psikologis siswa terbukti setelah diadakan penelitian tindakan kelas dihasilkan ada keefektifan belajar setelah menggunakan media faraid putar dalam pembelajaran dikelas.




No comments: