Selamat Datang di Seni MAN 1 Lubuklinggau, Selamat Menikmati Cara Hidup Sehat, Semoga Anda Betah Dan Selalu Datang Berkunjung di artman1llg, Silahkan komentari, kritik dan Sarannya, Selamat Bargabung.

MENINGKATKAN JIWA NASIONALISME SISWA

Meningkatkan Jiwa Nasionalisme di MA Negeri 1 (Model) Lubuklinggau


Paskibra adalah singkatan dari Pasukan Pengibar Bendera. Paskibra merupakan wadah bagi siswa yang ditunjuk dalam menghormati sang merah putih, disiplin, tangguh, bertanggung jawab, pantang menyerah, serta tugasnya adalah sebagai pengibar bendera. Kegiatan ini dapat meningkatkan jiwa Nasionalisme siswa. Dalam salah satu materi pembinaan kesiswaan, yang tercantum dalam Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dengan No. 25 0416/U/1984 yaitu tentang pendidikan pendahuluan bela negara yang diselenggarakan sekolah antara lain dengan pembentukan pasukan pengibar bendera (paskibra) sekolah. Kegiatan tersebut meliputi berbagai jenis kegiatan, diantaranya yaitu Peraturan Baris Berbaris (PBB), Tata Upacara Bendera (TUB), serta Latihan Kepemimpinan Siswa (LKS) tingkat perintis dan pemula. 
Pasukan Pengibar Bendera MA Negeri 1 (Model) Lubuklingau, melaksanakan tugas utama untuk melakukan kegiatan upacara bendera. Pada hakikatnya upacara bendera adalah pencerminan dari nilai-nilai budaya bangsa dan merupakan salah satu upaya pendidikan yang dapat mencakup pencapaian berbagai tujuan pendidikan. Sikap disiplin, kebugaran jasmani dan rohani, keterampilan gerak, keterampilan memimimpin adalah merupakan hal-hal yang dapat diperoleh melalui kegiatan upacara bendera.
Nasionalisme dan Kegiatan Ekstrakurikuler Paskibra Nasionalisme tidak tumbuh dengan sendirinya. Upaya dalam menumbuhkan dan meningkatkan nasionalisme dapat dilaksanakan melalui jalur pendidikan formal maupun informal. Pendidikan dalam pengertian tertentu dapat menjadi suatu alat permersatu yang tepat. Sekolah sebagai lembaga pendidikan yang formal dapat menjadi tempat yang strategis untuk menanamkan nilai-nilai kebangsaan dan nasionalisme kepeda siswa ataupun generasi muda. Selain dalam kegiatan belajar mengajar di kelas, penanaman nilai-nilai tersebut dapat dilakukan melalui kegiatan pembinaan kesiswaan atau biasa disebut dengan kegiatan ekstrakurikuler.

Pengibaran Bendera Merah Putih pada Kegiatan Upacara Senin di MA Negeri 1 (Model) Lubuklinggau.
.

Untuk melihat secara ofline silahkan download pada link : 

Paskibra adalah kepanjangan dari pasukan pengibar bendera. Jadi, paskibra adalah suatu kegiatan atau aktifitas di luar sekolah atau lembaga pendidikan lainnya yang dilakukan di luar jam pelajaran dan bertugas sebagai pengibar bendera setiap upacara hari senin di sekolah, upacara kemerdekaan ataupun hari peringatan nasional. 
Sekolah merupakan tempat pendidikan dan pembentukan jiwa serta semangat bagi siswa untuk  menumbuhkan karakter dalam meningkatkan jiwa nasionalismenya. Dan ini penting untuk diselenggarakan  disekolah, karena generasi muda penerus bangsa Indonesia banyak yang masih berstatus sebagai pelajar di sekolah.  

Silahkan Siswa siswi MA Negeri 1 Lubuklinggau Kelas XI mengisi Tugasnya :

No comments: