Selamat Datang di Seni MAN 1 Lubuklinggau, Selamat Menikmati Cara Hidup Sehat, Semoga Anda Betah Dan Selalu Datang Berkunjung di artman1llg, Silahkan komentari, kritik dan Sarannya, Selamat Bargabung.

Lomba Media Pembelajaran



TAJWID PUTAR

Setelah dinyatakan masuk nominator dalam perlombaan Pembuatan Media Pembelajaran Tk Nasional. Tim MAN 1 (MOdel) Lubuklinggau yang diketuai oleh Yenni Agustina, SAg (guru Al Qur'an Hadits), dan anggota : Suyatno SPd (guru Fisika), Drs Asril (guru Al Quran Hadits), Fatiyus Andriansyah (guru Bahasa Arab), berangkatlah satu wakil untuk berjuang di acara Lomba Porseni dan Ekspo Madrasah untuk mem presentasikan karya berupa TAJWID PUTAR.

Tajwid Putar adalah media pembelajaran berupa karton yang termasuk klasifikasi media berbasis cetakan. Karton berbentuk lingkaran yang berdiameter 20 cm dilapisi lingkaran 18 cm dengan 2 sisi. Sisi pertama berwarna biru berisi hukum tajwid nun mati dan tanwin, sedangkan yang berwarna merah berisi hukum mim mati. TAJWID PUTAR ini sangat mudah digunakan hanya dengan memutar tanda tunjuk dengan simbol tangan ke arah bertemunya huruf maka akan muncul pada lubang hukum tajwidnya. Selain mudah digunakan TAJWID PUTAR ini juga praktis dan mudah dibawa karena bentuknya yang simpel.
TAJWID PUTAR ini dapat digunakan sebagai alat peraga pada pembelajaran Al Quran Hadits khususnya mengenai ilmu tajwid. Namun lebih dari ini dapat juga diguanakan untuk kalangan umum dan pelajar TPA, MI, MTs dan MA. Tajwid Putar ini juga pernah digunakan oleh Ibu Yenni Agustina dalam pembelajaran Al Qur'an Hadits di kelas XI membedakan prestasi siswa meningkat baik dibanding sebelum menggunakan media khususnya indikator untuk mengetahui hukum tajwid. Jadi TAJWID PUTAR ini sangat membantu keberadaannya dalam pembelajaran untuk itu disarankan bagi para guru dan pendidik dilembaga yang yang mengajarkan dan mempelajari Al Qur'an, media ini sedikit banyak dapat membantu.
Dan setelah berjuang mempresentasikan Tajwid Putar ini dibawakan oleh Yenni Agustina, SAg di MAN 3 Malang akhir Juli lalu berhasil meraih juara.

3 comments:

Unknown said...

sri lestari xI.ipa.2

assalamu'alaikum wr.wb

buat guru2 man 1 IS THE BEST. selain berkualitas ternyata juga kreatif terutama dalam pencetusan media pembelajaran tajwid putar. karena dengan media tersebut dapat mempermudah setiap orang dalam mempelajari bacaan alQur-an secara baik. terutama dalam ilmu tjwid

kami selaku siswa didik MAN 1 akan menunggu karya2 terbaik dari ibu :)
apalagi mengenai faraidh putar:)

kami tunggu ya bu, karya2 selanjutnya,, keep spirit and smile mom,,
wassalamu'alaiki

Unknown said...

Nurul yuliantri XI ipa 2.

assakamu'alaikum,..

saya sangat setuju tentang tajwid putar, awalnya kami kurang paham, tapi akhirnya kami paham karena ada tajwid putar tersebut...

terimakasih untuk ibu yenni yang telah membuat ide-ide kreatifnya, dan membantu kami dari kesulitan semoga siswa-siswi MAN 1 dapat termotivasi dengan ide kreatif ibu yenni..

buat ibu yenni GOOD JOB I like it..
mmmuuuuuuuaaaccchhh....
hehehe..

wasalamu'alaikum.

simr_u said...

pada tahun berapa sih ustazah, ustazah mendapatkan ide membuat tajwid putar ini ?
{kalau hanya boleh tahu} :) wahyu firdaus