Selamat Datang di Seni MAN 1 Lubuklinggau, Selamat Menikmati Cara Hidup Sehat, Semoga Anda Betah Dan Selalu Datang Berkunjung di artman1llg, Silahkan komentari, kritik dan Sarannya, Selamat Bargabung.

CERITA PENDEK

CERPEN LANGKAH KAKI


Literasi merupakan keterampilan penting dalam hidup. Sebagian besar proses pendidikan bergantung pada kemampuan dan kesadaran literasi. Budaya literasi yang tertanam dalam diri peserta didik memengaruhi tingkat keberhasilannya, baik di sekolah maupun dalam kehidupan bermasyarakat. Gerakan literasi di sekolah mengupayakan adanya kegiatan pembiasaan membaca yang komprehensif yang melibatkan semua aspek dalam ekosistem pendidikan untuk meningkatkan minat baca dan kemampuan memahami bacaan. (Manual Pendukung Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah).

Diantara karya siswa kelas XI IPS 2 Semester 1 TP 2017/2018 


Sebagai guru, saya mendukung gerakan literasi sekolah, apalagi telah diamanahkan sebagai pembimbing kegiatan gemar membaca pada kelas XI IPS 2 dalam membuat cerita pendek. Dan tentu sebagai guru pembimbing yang telah diberi tugas tentu bertanggung jawab untuk mengembangkan potensi dan bakat menulis para siswa. Walaupun tidak semua siswa memiliki kemampuan dan bakat untuk menulis, akan tetapi dengan usaha maksimal apalagi menggunakan cara yang menarik maka potensi dan bakat itu bisa tumbuh dan berkembang. 

Dengan motivasi, siswa mau terlebih dahulu berkonsultasi kepada saya selaku pembimbing tentang apa yang mereka lakukan dalam menulis. Saya sediakan waktu jam istirahat, mereka dapat menemui saya untuk berkonsultasi membuat cerita pendek (cerpen). Hingga akhirnya mereka bisa menghasilkan karya yang layak untuk dibaca...

No comments: