Selamat Datang di Seni MAN 1 Lubuklinggau, Selamat Menikmati Cara Hidup Sehat, Semoga Anda Betah Dan Selalu Datang Berkunjung di artman1llg, Silahkan komentari, kritik dan Sarannya, Selamat Bargabung.

Faraid Putar

Karya ini beranjak dari pengalaman mengajar di kelas dimana saya  pernah mengajar mata pelajaran Fiqh di MA Negeri 1 Model Lubuklinggau. Saya perhatikan motivasi belajar siswa ketika mempelajari materi pembagian dan ketentuan ahli waris/faraid, saya mengenali siswa mulai gelisah dan kebingungan ketika membahas furudhul muqaddarah atau ketentuan ahli waris yang sudah ditetapkan syariat dalam Qur’an Surat Annisa : 21. Pengetahuan siswa kurang ketika membahas pembagian harta warisan, padahal materi ini penting dalam kehidupan sehari-hari dengan mengetahui ilmu faraid, karena permasalahan yang banyak terjadi di masyarakat dalam memperebutkan hak harta warisan padahal agama sudah membuat ketentuan pembagiannya. Maka saya mencari solusinya dengan membuat buku dan alat peraga untuk mempelajari dan mencari ketentuan ahli waris ini dengan nama buku Furudhul  Muqaddarah yang dilengkapi alat peraga Faraid Putar.
Saya gunakan alat peraga Faraid Putar ini  pada mata pelajaran Fiqh di kelas XI semester genap dengan Kompetensi Dasar ”Menjelaskan permasalahan ahli waris”. Dan memang terlihat dalam suasana belajar lebih menyenangkan karena lebih mudah mendapatkan ketentuan ahli waris sehingga memantapkan pengetahuan siswa setelah belajar materi furudhul muqaddarah


Ibu Yenni Agustina sedang mengajarkan cara penggunaan Faraid Putar

Adapun penggunaan Faraid Putar ini sangat mudah yaitu dengan cara memutar karton bagian  depan sehingga tanda tunjuk tepat pada posisi titik yang tepat sesuai keadaan ahli waris yang ditinggalkan. Maka pada lubang ‘mendapat’ akan diketahui berapa bagian yang didapat ahli waris.
Tujuan penggunaan alat peraga Faraid Putar ini
1.    Mempermudah menemukan ahli waris dan bagian-bagiannya sesuai ketentuan dengan cara memutar lapisan kedua sesuai tanda tunjuk.
2.  Belajar Ahli Waris dan Furudh Al Muqaddarah lebih praktis menggunakan buku dengan bahasan yang sederhana dan metode tanya jawab disertai Faraid Putar.
3.    Membantu siswa meningkatkan pemahaman melalui pengalaman dengan lambang visual dalam mengingat informasi dan memantapkan pengetahuan siswa.
4.    Membangkitkan rasa senang dan gembira bagi siswa serta menghidupkan suasana pembelajaran.
Rencana saya, setelah memperoleh sertifikat HAKI untuk karya Faraid Putar ini, bekerjasama dengan penerbit El Syarif akan memperbanyak Faraid Putar ini sebanyak 3000 eksemplar agar dapat digunakan siswa MTs, MA, PTAI dan masyarakat yang mempelajari Faraid. Harapan saya mudah-mudahan karya Faraid Putar ini dapat bermanfaat bagi khalayak umum.

No comments: