Selamat Datang di Seni MAN 1 Lubuklinggau, Selamat Menikmati Cara Hidup Sehat, Semoga Anda Betah Dan Selalu Datang Berkunjung di artman1llg, Silahkan komentari, kritik dan Sarannya, Selamat Bargabung.

Aiko si Robot Cantik dan Cerdas

O si Cantik dan Cerdas itu ternyata Robot

Aku sempat terkecoh melihat wajahnya yang cantik bak boneka barby dan kepintarannya berbicara. Ternyata ia baru kukenal didunia maya lewat blognya Imey aku jadi tertarik untuk lebih kenal dengan si cantik dan cerdas ini ternyata sebuah robot yang dapat berbicara dalam dua bahasa berbeda ? Siapa gerangan namanya? Aiko. Apa Aiko seperti nama Jepang. Eh sepertinya ia memang orang Jepang bahasanya Inggris dan Jepang. Pastinya kalo robotnya sudah secerdas Aiko tentu yang membuat lebih cerdas. Kalo orang yang membuat Aiko cerdas tentu sang pencipta Maha Cerdas.




When Science Meets Beauty... Coba lihat gambar di atas. Ya, itu dia Aiko, sebuah robot buatan Le Trung, seorang lulusan York University, Kanada. Aiko juga merupakan robot atau tepatnya android yang benar-benar fungsional, yang dibuat Kanada, atau tepatnya seseorang dari Kanada. Ya, karena tepatnya Le Trung sendiri yang membuat hardware dan software Aiko ini. Le Trung membuat Aiko ini sekitar 2 tahun yang lalu, dan menghabiskan dana pribadi kurang lebih $25,000 !!! Sebenarnya tidak seluruhnya dana pribadi.. Uang sebanyak itu sebagian ia dapatkan dari pinjaman Bank dan hasil penjualan mobil satu-satunya waktu itu... Sedikit miris memang karena sampai saat ini pun Le Trung belum mendapatkan sponsor untuk pengembangan Aiko lebih lanjut.

Jadi kepingin tahu apakah Aiko bisa mencintai dan dicintai? He..he....he

Lalu Menurut Le, pembuatnya, Aiko adalah android pertama dari Kanada yang dapat merasakan rasa sakit dan sentuhan, serta bagaimana bereaksi terhadapnya. Tak cukup sampai di situ, menurut Le Trung ( 33 ), Aiko juga dapat mengenali dan menghafal berbagai macam suara, wajah, gerakan, objek 2D dan 3D... Bentar, belum puas sampai di situ, android cantik yang mempunyai tinggi badan 151 cm dan ukuran tubuh 82-57-84 ini dapat berinteraksi dan berbicara dengan orang-orang sekitarnya serta membaca tulisan atau koran dalam 2 bahasa, yaitu bahasa Inggris dan Jepang. Selain itu, Aiko juga dapat menyelesaikan soal matematika yang ditunjukkan kepadanya, dan dapat mengakses berbagai server untuk mengetahui letak suatu tempat di dunia, beserta keadaan cuaca saat itu.

Berita terakhir yang didapatkan dari The Sun dan Softpedia, robot cantik yang memiliki bintang Scorpio ini juga dapat mempelajari makanan dan minuman apa saja yang disukai oleh pembuatnya, dan mampu untuk menyiapkannya.. Wow !!

Kemampuan “spesial” yang dimiliki oleh Aiko ini didapat dari software B.R.A.I.N.S ( Biometric Robot Artificial Intelligence Neural System ) yang didesain oleh Le Trung. Dan sampai saat ini, pria berkacamata ini akan terus mengembangkan kemampuan yang dimiliki oleh “kekasih”-nya tersebut. Terutama kemampuan Aiko untuk berjalan layaknya manusia, setelah Le mendapatkan kucuran dana dari sponsor, yang sampai saat ini terus dia cari.

Ada satu pernyataan yang mengejutkan keluar dari mulut Le Trung, ketika seseorang menanyakan kepadanya tentang apakah Aiko juga bisa dibuat menjadi layaknya wanita pada umumnya.. Le Trung menjawab, “ Software-nya bisa saja saya desain ulang supaya dia juga dapat merasakan rangsangan pada organ seksualnya... “.. What ??? Le Trung juga berharap jika kelak nanti Aiko sudah “sempurna”, ia akan membuat Aiko-Aiko yang lain, dan mungkin juga akan dijual bebas ke pasaran..


1 comment:

Whiyana said...

assalamualaikum :)
ibu cerita.a sunggh mnarik
the best deh buk
d post trus bu y crita mnarik* lain.a
mksih bu