Selamat Datang di Seni MAN 1 Lubuklinggau, Selamat Menikmati Cara Hidup Sehat, Semoga Anda Betah Dan Selalu Datang Berkunjung di artman1llg, Silahkan komentari, kritik dan Sarannya, Selamat Bargabung.

Kultum

Tiga Amalan Baik

"Hai kaumku, mohonlah ampun kepada Tuhanmu lalu bertobatlah kepadaNya, niscaya Dia menurunkan hujan yang sangat deras atasmu, dan Dia akan menembahkan kekuatan kepada kekuatanmu, dan janganlah kamu berpaling dengan berbuat dosa." (QS. Hud : 52).

Dalam kehidupan didunia kita mesti punya pegangan dan tuntunan hidup serta amalan dalam hidup agar hidup tidak terombang-ambing dan tetap tegar dalam menghadapi segala kemungkinan tantangan hidup. Roda kehidupan dunia juga tidak pernah berhenti. Kadang naik kadang turun. Ada suka ada duka. ada senyum ada tangis. Kadangkala dipuji tapi pada suatu saat kita dicaci. Jangan harapkan ada keabadian perjalannan hidup. 

Karena itu pegangan yang kita miliki harus kokoh, bersandar hanya kepada Allah, SWT.  Mengikuti tuntunan hidup yang telah dijelaskan dalam Al Qur'an al Karim yang bisa membawa kita kepada keselamatan di dunia maupun akherat.  Lalu memiliki amalan baik diataranya Istiqomah, Istikharah dan Istiqfar. 

Pertama, Istiqomah. Yaitu kokoh dalam aqidah dan konsisten dalam beribadah. Begitu pentingnya istiqomah ini sampai Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wasalam berpesan kepada seseorang seperti dalam al Hadits yang artinya : 

"Dari Abi Sufyan bin Abdullah Radhiallahu anhu berkata : 
Aku telah berkata , Wahai Rasulullah katakanlah kepadaku pesan dalam Islam sehingga aku tidak perlu bertanya kepada orang selain engkau. Nabi menjawab, 'Katakanlah aku telah berimaqn kepada Allah kemudian beristiqomahlah".

Orang yang istiqomah selalu kokoh dalam aqidah dan tidak goyah keimanan bersama dalam tantangan hidup. Sekalipun dihadapkan pada persoalan hidup, ibadah tidak ikut redup. dicaci  maupun dipuji, sujud pada Allah tak terhalangi dan tanpa henti, kantong kering atau tebal  tetpa waspada makanan haram halalnya. Sekalipun telah memiliki fasilitas kenikmatan, ia tak tergoda melakukan kemaksiatan. Orang seperti itulah yang dipuji oleh Allah SWT dalam Al Qur'an surat Fushilat ayat 30 :

"Sesungguhnya orang orang yang mengatakan : 'Tuhan Kami ialah Allah' kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka, maka malaikat akan turun kepada mereka (dengan mengatakan) : 'Janganlah kamu merasa takut, dan janganlah kamu merasa sedih, dan bergembiralah dengan syurga yang telah dijanjikan Allah kepadamu."


No comments: