Selamat Datang di Seni MAN 1 Lubuklinggau, Selamat Menikmati Cara Hidup Sehat, Semoga Anda Betah Dan Selalu Datang Berkunjung di artman1llg, Silahkan komentari, kritik dan Sarannya, Selamat Bargabung.

Lontong dan Ketupat

Menu Serba Lontong & Ketupat Andalan Lebaran

27 September, 2008 - 2:14 WIB

Menu istimewa lazim tersaji di setiap Idul Fitri. Sejak jauh hari, para ibu rumah tangga sudah merancang sejumlah hidangan yang bakal disajikan untuk keluarga dan kerabat.

Suasana hangat di hari raya semakin lengkap dengan kehadiran menu-menu lezat penggugah selera. Dari sekian banyak jenis masakan, ketupat atau lontong selalu menjadi sajian andalan. Pendamping panganan ini biasanya opor ayam, sayur pepaya, dan rendang sapi. Jika menginginkan yang lain dari biasa, Anda dapat membuat menu serba lontong & ketupat dengan pendamping yang agak berbeda, seperti lontong cap go meh, lontong kikil, lontong sayur, lontong balap, dan lontong telur petis.

Menu-menu tersebut kebetulan juga dijadikan sajian pilihan di restoran sejumlah hotel berbintang, misalnya di Surabaya Plaza Hotel dan Sheraton Hotel & Towers. “Lontong maupun ketupat merupakan pengganti nasi sehingga sangat cocok dipadukan dengan apa pun,” kata I Gede Sumantra,seorang chef di hotel kawasan Jalan Embong Malang, Surabaya.

Menurut Sumantra, sayuran berkuah maupun sayuran kering dapat dijadikan alternatif hidangan. Yang pasti, biasanya kebanyakan ibu lebih menyukai olahan rempahnya jelas terasa. Maka tak heran jika olahan di hari raya sangatlah bervariasi dengan beragam rasa, mulai yang manis benar-benar manis, yang pedas pun sangat pedas, begitu juga yang asin dan gurih.

Sebenarnya sangat mudah memilih menu yang tepat sesuai selera. Jika Anda bakal kebanjiran tamu dalam acara open house nanti, sebaiknya opor ayam atau lontong sayur dijadikan sajian utama. Alasan mendasarnya adalah karena mengolah dua menu tersebut amat mudah dan cepat, tanpa harus memberikan pernak-pernik bahan lainnya. Selamat mencoba!

No comments: